Garut menawarkan berbagai keindahan alam yang sangat mempesona dengan udaranya yang begitu sejuk serta gunung-gunung yang mengelilinginya yang membuatnya tampak begitu cantiuk sehingga tidak heran bila di beri julukan Garut, Swiss Van Java.

Pahlawan Tour Travel, Wisata Nusantara, Wisata Garut, Wisata Air

Oke kita tidak akan membahas kota Garutnya takut tapi salah satu obyek wisata curugnya  yang mempesona yang harus masuk kedalam daftar wajib yang harus anda kunjungi ketika beerlibur ke Garut yaitu Curug Citiis, Curug yang menawarkan wisata alam dengan bentang alam yang indah dan sanitasi yang baik yang terletak dikaki gunung Guntur. Wisatawan akan dimanjakan dengan kesejukan udara yang segar,air terjun yang bersih dimana para pengunjung akan dibuatnya takjub, dan untuk para pencitna Alam akan dimanjakan dengan melakukan aktivitas hiking, tracking, camping dan fotografi. Suasana adventure akan terasa dengan menyusuri jalan setapak.

Curug Citiis terletak di Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong dengan luas   30 m2 dan berada pada ketinggian 1000 m di atas permukaan laut. Kondisi  alam yang berbukit-bukit dengan tingkat kemiringan yang agak curam, dan stabilitas tanah yang sedang. Penyinaran matahari rata-rata di kawasan ini dapat dibilang sedang karena masih terdapat banyak pohon yang rindang. Namun sayangnya pada musim kemarau debit air Curug Citiis berkurang. Tapi jangan sedih karena kualitas lingkungan cukup baik dengan tingkat sanitasi yang baik dan bentang alam yang cukup indah serta pencemaran udara hampir tidak ada, adapaun pencemaran air dan sampah-sampah biasanya ditinggalkan para pengunjung dan penambang pasir yang bekerja di kawasan tersebut. Vandalisme umumnya terjadi di daerah yang berbatu dan juga lokasi curug Citiis.

Air yang begitu jernih yang bersumber dari Gunung Guntur yang mempunyai dua buah mata air, yaitu mata air panas yang mengalir ke daerah Cipanas, dan mata air dingin yang mengalir ke aliran curug Citiis. Aktivitas yang dapat dilakukan antara lain hiking, tracking, menikmati pemandangan, camping dan fotografi.
Konon katanya cerita rakyat yang berekmbang di masarakat tentang curug ini dikisakahkan merupakan tempat bertemunya para raja dari seluruh pulau Jawa. Asal muasal Nama Curug Citiis ini sendiri berasal dari kata citiis yang berarti air dingin karena menurut penduduk sekitar suhu air dari air terjun ini paling dingin sewilayah Garut. 

Jarak tempuh menuju Curug Citiis
Jarak dari ibukota Kec. Tarogong + 10 km, dan dari Garut Kota 15 km. Jarak terminal terdekat dari perkampungan terdekat yaitu Kampung Dukuh yang berada di kaki Gunung Guntur sekitar 5 km.
Jalan akses menuju ke Curug Citiis memiliki lebar sekitar 4 m dan panjang sekitar 2 km, dan jalan setapak dengan lebar 1 m dan panjang 4 km. Untuk menuju ke objek ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi hingga kaki Gunung Guntur, serta angkutan tradisional dari Cipanas ataupun dari Garut Kota berupa delman dengan biaya Rp. 5.000 ataupun menggunakan ojeg dengan biaya Rp. 10.000. ataupun yang suka gratisan bisa naik mobil bak terbuka tapi ini tidak direkomendasikan :D

 
Top