Jangan ngaku pendaki kalau belum pernah merasakan terjalanya gunung Guntur, yupss gunung Gunutr, Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2249 meter diatas permukaan laut (mdpl) ini memiliki bentang alam berupa padang savanna dengan beberapa puncak di sekelilingnya dan merupakan sebuah Taman Wisata Alam yang sering dikunjungi wisatawan, baik untuk hiking, tracking, camping ataupun kegiatan alam lainnya. Pemandangannya menyuguhkan panorama alam yang begitu indah yang terbentang sepanjang mata memandang. Tidak hanya itu, lokasi Taman Wisata Alam ini juga menyuguhkan beberapa objek wisata lainnya yang bisa anda kunjungi seperti air terjun, sungai, lembah dan dua buah kawahnya yang bernama kawah pangkalan dan kawah gandapura.

Pahlawan tour and travel, wisata nusantara, wisata garut, wisata gunung
Secara administratif gunung Guntur termasuk dalam wilayah Desa Pananjung, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jalur alternatif untuk mendaki gunung ini dapat melalui jalur pendakian utamanya yaitu melalui air terjun (curug) Citiis.
Jaraknya tidak terlalu jauh dari kota Garut memudahkan Anda untuk melakukan pendakian ke Gunung ini. Sahabat Traveler dapat menggunakan angkutan umum untuk menuju terminal Garut terlebih dahulu. Dari sini kemudian dilanjut dengan menggunakan angkot tujuan Cipanas dengan ongkos sekitar Rp 3.000*). Dari Cipanas Sahabat travelr dapat menumpang truk penambang pasir yang akan menuju lokasi penambangan pasir di Kampung Citiis dan merasakan sensasi yang luar biasa dengan naik mobil bak penambang pasir, perjalanan anda lebih greget :D. Oke Jaraknya sekitar 3 Km yang jika ditempuh dengan berjalan kaki dapat memakan waktu tempuh sekitar dua jam. Menumpang truk pasir tidak dipungut biaya, namun jika anda merasa ingin membayar dapat memberi dengan seikhlasnya. Dari batas penambangan pasir inilah pendakian anda akan dimulai.
Beberapa Obyek wisata yang akan anda Lewati saat akan melakuakn pendakian yang bisa dinikmati di sekitar lokasi gunung Guntur. Seperti pemandian air panas, Sungai dan Air terjun Citiis. Panorama kawah dan pemandangan alam sekitarnya pun tak kalah indahnya. Mendaki gunung ini pun tidak memerlukan waktu yang begitu lama. Hanya diperlukan waktu sekitar empat jam saja sehingga bisa ditempuh bolak-balik atau jika betah untuk berlama-lama anda bisa pula bermalam dengan mendirikan tenda.
pahlawan tour and travel, wisata nuantara, wisata garut, wisata gunung

 Pada saat akan melakukan pendakian alahkah baiknya bila sahabat traveler memperhatikan beberapa tips berikut ini :
1.      Kawasan menuju puncak Guntur merupakan areal terbuka dengan sinar matahari yang akan langsung menyengat kulit. Sebaiknya pendakian dilakukan saat pagi atau sore hari karena cuaca akan terasa lebih sejuk.
2.      Persiapkan bekal minum dari air terjun Citiis karena di perjalanan selanjutnya tidak akan ditemui lagi sumber air.
3.      Bawalah masker dan topi untuk melindungi anda dari panas dan debu saat melintasi jalur pendakian.
4.      Sebaiknya pendakian dilakukan saat bulan Juni, dimana pemandangannya akan lebih cantik dengan panorama ilalang yang mulai berwarna merah muda.
5.      Jika hendak mendirikan tenda di area puncak, sebaiknya cari lokasi yang cukup terlindung dan ikatlah tenda dengan kuat karena tiupan angin kencang sering datang, terutama saat musim kemarau.
Selamat berlibur, Semoga Menjadi Pilihan yang tepat buat rileksasi dan cara sederhana menikmati ke indahan Alam sang pencipta buah karya Tuan yang Agung!

Enjou Your Trip !
 
Top