Saat weekend, banyak orang menyisihkan waktu dari kesibukannya untuk berlibur ke tempat yang menarik. Untuk mengisi liburan kamu kali Ini, Isikulkas.com akan mengajak kamu berlibur ke Garut, Jawa Barat.

Ya, siapa yang tidak kenal dengan kota yang terkenal dengan dodolnya. Di Garut juga ternyata memiliki tujuan wisata yang sangat menarik. Selain memiliki kemegahan gunung Papandayan dan keasrian kampung Sampireun, masih ada banyak wisata menarik di Garut. Nah, berikut beberapa tempat menarik yang bisa kamu kunjungi.

1. Gunung Haruman, tempat asik buat kamu yang menyukai olahraga paralayang

Gunung Haruman via bandung.panduanwisata.id
Gunung Haruman via bandung.panduanwisata.id
Garut bukan hanya mempunyai gunung Papandayan, ada juga gunung Haruman yang keindahannya tak kalah memukau. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 1.300 mdpl ini terletak di Dsa. Haruman Sari, Kec. Kadungora. Mungkin kamu akan kelelahan untuk mencapai puncak, tapi keindahan yang disuguhkan gunung Haruman dijamin bisa mengobati rasa lelah yang meradang.
Buat kamu yang tertarik menikmati keindahan alam sekitar di atas ketinggian, gunung Haruman bisa menjadi pilihan. Disini juga sering dijadikan tempat untuk mereka yang menyukai olahraga paralayang. Bahkan, tempat ini sudah populer di Garut sebagai spot terbaik untuk landasan paralayang dari tahun 90-an. Wow, amazing! Kamu suka paralayang atau ingin mencoba menguji adrenalin kamu dengan paralayang? Datang saja ke Gunung Haruman.

2. Nikmati sensasi kabut putih yang membelai lembut pipimu di Talaga Bodas.

Talaga Bodas via travel.kompas.com
Talaga Bodas via travel.kompas.com
Talaga Bodas (Telaga Putih) berada di ketinggian 1.512 mdpl, tepatnya di Dsa. Sukamenak, Kec. Wanaraja, sekitar 1 jam perjalanan dari kota Garut. Saat akhir pekan, lokasi wisata yang satu ini cukup ramai. Warna air telaga yang putih kehijauan seperti menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan.
Bukan hanya danaunya yang menawarkan keindahan, sepanjang perjalanan menuju lokasi pun kamu akan disuguhi pemandangan perbukitan dan hamparan ladang yang begitu hijau nan mendamaikan. Kamu juga bisa melihat keunikan Gunung Sadahurip yang bentuknya menyerupai piramid. Sesampainya di lokasi, kamu akan disambut kabut tipis yang akan membuatmu seperti dibawa ke dunia fantasi. Uh, pasti mengasikan sekali. Nah, buat kamu yang ingin mandi, kamu bisa berendam di kolam pemandian air panas. Pasti perjalananmu ke telaga Bodas makin mengasikan. Coba saja datang.

3. Jajal Sensasi mandi uap di Kawah Kamojang.

Kawah Kamojang via www.nativeindonesia.com
Kawah Kamojang via www.nativeindonesia.com
Letaknya yang berada di ketinggian membuat Garut banyak dikelilingi sejumlah kawah  dan sumber air panas yang menakjubkan, sebut saja Kawah Kamojang yang berada di Kecamatan Samarang. Tempat ini salah satu tempat yang diburu wistawan saat liburan datang.
Uapnya yang begitu melimpah menjadikan kawah Kamojang ini dimanfaatkan oleh PT. Pertamina dan PT. Indonesia Tower sebagai pembangkit listrik. Bukan hanya dimanfaatkan untuk sumber energi, limpahan uap yang keluar dari kawah Kamojang ini juga bermanfaat untuk kesehatan. Buat kamu yang ingin merasakan sensasi sauna alami (mandi uap), datang saja ke obyek wisata kawah Kamojang. Beberapa tempat lainnya yang bisa kamu jumpai disini yaitu hutan pinus Kamojang, Curug Madi dan danau Ciharus.

4. Suka arung jeram? Datang saja ke Sungai Cikandang.

Sungai Cikandang via www.hoteldigarut.net
Sungai Cikandang via www.hoteldigarut.net
Buat kamu yang suka tantangan, coba saja datang ke sungai Cikandang untuk menikmati sesansi olahraga arung jeram. Arusnya yang cukup deras menajdikan Sungai Cikandang surga bagi para penggemar body rafting. Bonusnya, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam sekitar yang begitu asri nan hijau.
Buat kamu yang belum terbiasa, sebelum melangkahkan kakimu untuk menjuju obyek wisata yang satu ini, sebaiknya siapkan dulu mental dan fisikmu. Sebab, Sungai Cikandang yang memiliki panjang 28 km dengan track  yang cukup ekstrem, mampu memompa adrenalinmu sampai ke batas maksimal. Untuk mengarungi sungai Cikandang ini, kamu membutuhkan waktu 4-5 jam.

5. Segarkan dirimu di Curug Sanghyang Taraje.

Curug Sanghyang Taraje via wisatakuliner09.blogspot.com
Curug Sanghyang Taraje via wisatakuliner09.blogspot.com
Curug Sanghyang Taraje yang disebut juga dengan nama Curug Kembar ini berada di Dsa. Kombongan, Kec. Pakenjeng, Garut, dengan tinggi mencapat 82m. Air terjun ini menjadi air terjun tertinggi di Garut. Curug yang sarat akan lagenda  Sangkuriang ini salah satu primadonanya Garut.
Hawanya sejuk dan pemandangannya yang eksotis membuat siapa saja yang berada di dalamnya seolah betah untuk berlama-lama. Buat kamu yang suka tantangan, perjalanan menuju curug ini juga cukup menantang. Kamu akan dibawa melewati lembah dan naik turun bukit, buat kamu yang suka tantangan tentunya ini sangat mengasikan. Setelah perjuangan yang cukup panjang selama perjalanan, pesona yang yang disuguhkan curug ini mampu membuat lelahmu hilang.

6. Dari Sanghiyang Taraje, Lanjut ke Curug Orok.

Curug Orok via www.flickr.com
Curug Orok via www.flickr.com
Curug Orok berada di Dsa. Cikandang, Kec. Cikajang, kurang lebih 35 km perjalanan dari Kota Garut.  Dinamakan Curug Orok (curug bayi), konon dulu ada seorang perempuan muda yang membuang bayinya di curug ini, itulah mengapa curug ini dinamakan curug orok (curug bayi).
Curug orok salah satu obyek wiasta Garut yang selalu ramai saat akhir pekan. Untuk menikmati curug ini, kamu hanya dikenakan biaya masuk Rp 10.000. Beberapa fasilitasnya juga ada di tempat ini diantaranya warung makan, toilet, dan area parkir.

7. Lengkapi waktu akhir pekanmu di Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang.

Pantai Sayang Heulang via www.panoramio.com
Pantai Sayang Heulang via www.panoramio.com
Pantai Santolo terletak di Garut selatan atau sekitar 80 km dari pusat kota Garut. Pantai ini bisa dijadikan destinasi untuk melengkapi waktu akhir pekanmu. Kamu bisa datang kesini bersama kelarga, teman atau juga pasangan. Tempatnya yang cukup tersembunyi menjadikan pantai ini seperti pantai milik pribadi karena memang masih belum banyak wisatawan yang berkunjung kesini.
Dari pantai Santolo, kamu bisa melanjutkan jalan-jalanmu ke Pantai Sayang Heulang. Pantai ini terletak tak jauh dari pantai Santolo. Pantai Sayang Heulang ini tempat asik buat kamu yang memang suka memancing. Untuk mencapai pantai ini, kamu bisa menyebrang dengan perahu dari pantai Santolo..

8. Berburu oleh-oleh di pusat kota Garut.

oleh-oleh kota Garut via www.sumberrezekioleholehgarut.com
oleh-oleh kota Garut via www.sumberrezekioleholehgarut.com
Udah puas berkeliling ke sejumlah spot wisata di Garut, akhiri perjalananmu dengan berburu oleh-oleh di pusat kota Garut yang meliputi Jalan Ciledug, Jalan Siliwangi, Jalan Ahmad Yani, Jalan Cikuray, Jalan Mandalagiri dan Jalan Pasarbaru. Disitu kamu bisa berburu oleh-oleh sepuas kamu.  Jika mulai kelaparan, datang saja ke Pasar Ceplak di Jln. Siliwangi. Di sini banyak tersedia berbagai macam kuliner Garut yang lezat dan murah. Ayo, puaskan hobby shoppingmu dengan mendatangi jantung kota Garut ini. Dijamin tidak membosankan.

Garut memang indah sekali. Bagimana? Tertarik untuk jalan-jalan ke Garut? Siapkan ranselmu dan ayo lekas berkunjung ke Garut. Baiklah, demikian infromasi mengenai wisata Garut. Jika kamu punya rekomendasi tempat wisata lain yang ada di Garut, silahkan tambahkan di kolom komentar.   Selamat jalan-jalan. Tetap jaga kebersiha.

Sumber 
http://www.isikulkas.com/8-tempat-wisata-garut-yang-jangan-sampai-lolos-dari-list-destinasimu/
 
Top