Sudah jenuh dengan pekerjaan semua rutinitas harian dan pekerjaan yang membebani pikiran anda?


Berwisata adalah salahsatu jawaban atas semua kejenuhan yang anda dapatkan dalam keseharian. Melakukan perjalanan, mendapatkan pengalaman baru, dokumentasi perjalanan yang bisa dikenang adalah hal-hal yang sangat menarik dari adanya sebuah perjalanan atau wisata. Jika kita jeli melihat sekitar banyak hal sebenarnya yang bisa di eksplorasi dan dikunjungi sebagai destinasi berwisata dan berlibur.

Jika anda melihat sejarah, maka Indonesia atau nusantara ini merupakan sebuah wilayah yang dipersatukan atas berbagai suku dan kerajaan yang seblumnya berdiri terpisah. Oleh karena itu banyak sekali situs-situs peninggalan mereka yang sangat menarik jika kita kunjungi dan eksplorasi. Berbicara mengenai situs kerajaan zaman dahulu mungkin kita mengenal adanya candi atau bangunan yang terbuat dari batu, biasanya digunakan untuk ritual-ritual keagamaan dari umat Hindu atau Budha. Situs candi ini banyak sekali tersebar di Indonesia, hal itu sangat wajar mengingat mayoritas kerajaan yang berdiri pada zaman dahulu di bumi Nusantara ini adalah pemeluk agama Hindu dan Budha yang sangat kental, meskipun masih kuat terpengaruh budaya lokal animisme.

Dari beberapa yang ada, mungkin yang paling terkenal adalah Borobudur, yang pernah masuk dalam 7 keajaiban dunia dan mendapakan predikat sebagai salahsatu situs warisan bersejarah dunia. selain Borobudur kita juga mengenal Prambanan yang menjadi daya tarik wisata di sekitar Jogja. 

Namun jika anda lebih jeli melihat potensi wisata, anda pasti akan mencoba mengunjungi sebuah candi yang sangat bagus dan terletak tak jauh dari Prambanan, yakni Candi Ratu Boko. Candi Ratu Boko hanya berjarak sekitar 3 kilometer menuju arah selatan dari candi Prambanan. Pertama kali ditemukan pada tahun 1790 oleh Van Boeckhlotz, candi ini memiliki keunikannya sendiri jika dibandingkan dengan candi-candi lainnya. Jika fungsi dari candi lain yang utamanya adalah sebagai tempat ibadah, maka Candi Ratu Boko ini bersifat multifungsi. Tak hanya tempat ibadah, candi ini diketahui difungsikan juga sebagai benteng, keraton dan lainnya. Bahkan justru para peeliti beranggapan bahwa candi ini bersifat profan.

Bagian-bagian istana itu antara lain terbagi atas bagian tengah, tenggara, timur dan selatan. Dari bagian-bagian tersebut anda bisa menemukan berbagai peninggalan seperti stupa, lapangan, gapura, lokasi candi pembakaran, pendopo, kolam dan beberapa hal lainnya lagi. Anda juga dapat menemukan perbukitan indah yang berada di bagian sebelah barat.

Dengan loksi yang bagus, berada di atas bukit, anda bisa menikmati keindahan panorama kota Jogja pada malam hari dan juga momen terbaik pada saat matahari tenggelam. Menikmati malam hari edngan kilauan cahaya di atas serpihan sejarah kerajaan masa lalu yang indah diselingi pemandangan indah perbiktan rasanya tidak pas jika tidak ditemani dengan cemilan dan minuman. Mungkin juga perut anda merasa lapar dan lelah setelah berjalan-jalan menghabiskan waktu? Tak usah merasa kahwatir sebab di kompleks Candi Ratu Boko ini juga terdapat restoran yang dapat menyediakan makanan dan minuma bagi anda. Hanya saja ingatlah untuk tetap menjadi wisatawan yang bertanggung jawab dengan lingkungan, dengan tidak mengotori keindahan yang ada dengan sampah dan berbagai hal lainnya yang dapat merusak keindahan tempat ini.

Untuk tiket masuk menuju Candi Ratu Boko ini sebenarnya agak lebih tinggi dibanding candi yang lainnya, namaun sangat sesuai dengan berbagai pengalaman menarik dan indah yang bisa anda dapatkan ketika berwisata. Berikut kisaran harga tiket ketika kita berkunjung ke Candi Ratu Boko, perubahan harga bisa saja terjadi, sehingga sediakan uang untuk mengantisipasi perbedaan harga.

Umum dewasa Rp 25.000
Pelajar/Rombongan Rp 10.000
Turis Asing 25 USD
Tiket terusan Prambanan-Boko 25.000
Menikmati senja di Candi Ratu Boko 35.000
Penginapan Terdekat

Tak perlu merasa khawatir jika anda hendak berwisata ke Jogja, dengan jumlah arus wisatawan yang besar berbanding lurus pula dengan berbagai fasilitas dan berbagai hal pendukung yang tersedia di sana. Tak terkecuali dengan penginapan. Berada dekat dengan situs Candi terkenal lainnya yakni Prambanan banyak sekali hotel-hotel bagus yang berada di sekitar candi Prambanan atau Candi Ratu Boko itu sendiri. Tarif hotel berkisar antara 100 ribu hingga jutaan, tergantung bagaimana anda bisa memilih dan mengkondisikan dengan rencana anggaran perjalanan. 

Akses Menuju Situs Ratu Boko
Akses menuju candi Boko ini sepertinya tidaklah sulit, apalagi mengingat Jogjakarta merupakan salahsatu destinasi wisata terkenal yang tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri saja. Berbagai petunjuk dan fasilitas angkutan umum sudah tersedia dengan baik. selain itu jika mengingat tempat ini yang sudah cukup dikenal meskipun tidak seterkenal Borobudur atau Prambanan, maka banyak yang bisa memberikan arahan bagi anda yang hendak berkunjung.
Berikut ini adalah rangkaian perjalanan yang bisa anda tempuh menju Candi Ratu Boko dengan titik awal di Jogjakarta.

Dari Jogja kota anda bisa meggunakan bus TransJogja dengan nomor trayek 1A dan atau 1B untuk mencapai ke Candi Prambanan.

Setelah sampai di Candi Prambanan, anda bisa menggunakan ojek, delman atau bahkan berjalan kaki ke arah selatan untuk mencapai Candi Ratu Boko. Banyak sekali petunjuk dan orang-orang sekitar yang bisa membantu menunjukan arah jika mengalami kebingungan.

Adapun jika ingin lebih praktis jika ingin mengunjungi candi indah ini anda bisa menyewa sebuah mobil yang biasanya berharga 250 ribu hingga 300 ribu perhari. Selain itu, alternatif lain jika masih menggunakan angkutan umum menuju Prambanan, dari situ anda bisa membeli tiket terusan Prambanan-Boko sehingga anda aka mendapatkan keuntungan di antar oleh mobil khusus wisatawan menuju ke areal wisata Candi Ratu Boko. 

Tips Berwisata

Ada beberapa tips kecil yang bisa dijalankan ketika berwisata ke Candi Ratu Boko antara lain.

Sebaiknya belilah tiket terusan yang akan memudahkan anda dalam mengunjungi lokasi, sebab dengan membeli tiket terusan Candi Prambanan-Boko anda bisa menikmati ke2 lokasi tersebut dan diberi fasilitas mobil antar jemput.

Saat yang terbaik mengunjungi Candi Ratu Boko adalah pada sore hari hingga malam, sebab ketika sore hari anda bisa melihat momen matahari tenggelam dan malam hari adalah berbagai kilauan cahaya lampu pemnadangan dari kota Jogjakarta.




Sumber : https://ketahui.com/wisata-mengagumkan-di-istana-atas-bukit-candi-ratu-boko-jogjakarta
 
Top